Sunday, July 03, 2016

Kisah Pak Awal

Gak tau semalem mimpi apa sampe paginya saya dan Icut (one of my officemate) harus ngalamin hal paling DRAMATIS se bulan Ramadhan ini.

Setiap jumat sore kami seperti biasa pulang kampung (upin ipin nyanyi "balik kampong" trus Ajik nyeletuk, pimpim!) ke Kota Fajar. Kira-kira ngabisin waktu 2,5 jam dari Subulussalam (tempat kami memeras keringat *tsah*)
Berhubung kemarin jumat terakhir kerja sebelum liburan dan di jumat itu adalah tanggal 1 yang notabene pegawe pada nerima gaji dan dipastikan bakal jadi a hectic day jadilah kita berangkat pulang besok paginya dan gak jadi berangkat sore itu atau malemnya.

"Kak dwi kita berangkat sama Pak Awal ya, orangnya baik kok, mau nganterin sampe ke rumah"
Saya sih oke aja asal nyampe rumah dengan selamat. Kalimat 'dia orangnya baik kok' berulangkali diucapkan si Cut. Oke, sudah ter mind-set lah kalo bapak sopir ini baik.

Tibalah waktunya kami dijemput Pak Awal tersebut. Beliau turun bantu angkat barang-barang kami yang kaya mau pindahan tapi ngepacknya pake kresek (ceritanya semalam gila-gilaan grocery shopping di Indomaret). Pak Awal ini posturnya agak pendek, tambun, mata sipit, ramah, dan logat ngomongnya Subulussalam banget. Ada anak yang kira-kira kelas 1 SMP yang bantu-bantu ngangkatin barang, kayanya itu anaknya karena mirip sama beliau. Kaget juga sih liat si Anak ini diajak ngangkot sama bapaknya, tapi libur ini kan ya.

Masih dikota Subulusssalamnya si bapak ngomong basa-basi dan sesekali bercanda. Si bapak juga bilang bukan beliau yang bakal nyupir, tapi anaknya yang lain. So far penilaian Icut tentang si bapak ada benernya. Sampe halte yang ada di pinggiran kota udah ditunggin sama si anak yang bakal nyupirin kita. Yang ini kurus, item, dan gak terlalu tinggi, gak mirip beliau, diperkirakan masih SMA.atau baru tamat. Sempet keder sih, tapi positive thinking aja *dalam ati komat kamit baca do'a*

Nah disinilah drama dimulai. 
Cyiiiittt *bunyi rem*
"Mana sewa (penumpang, red) yang tadi?" Si Bapak nanya ke anaknya yang udah nunggu, belakangan saya tau namanya Ismail. Entah apa jawaban si Mail yang gak jelas kedengeran yang bikin si Bapak tiba-tiba emosi dan nyuruh Mail buat ngikutin dari belakang pake motor. Saking gak sempet babibu lagi saya sampe ga sempet nutup pintu mobil karena saya turun buat pindah tempat duduk, pintunya kebanting sendiri coba karena si Bapak langsung nge gas. Dan adegan lebih dahsyatnya yang ngebuktiin kalo si Bapak marahnya gak nyante tuh, kunci motor gak sempet dikasi baek-baek ke si Mail tapi dilempar gitu aja. BUSET.

Ada apa iniiihhh?? *teriak dalam ati*

Sepanjang jalan ngelewati Tangga Besi, Dano, dan sampe Singgersing si Bapak balap ala ala Fast Furious, ceu. Fyi, jalanannya bukan jalanan biasa, tapi naik turun dan banyak tikungannya. Namanya Subulussalam emang di atas gunung! Penumpang pada diem dan nerima aja. Kakak di sebelah saya sampe megang jendela kuat banget. Dua laki-laki dibelakang kami juga gak ngapa-ngapain, gak ada yang berinisiatif ngomong ke si Bapak buat gak ngebut. Saya sama Icut masih belom tau nih kenapa si Bapak tiba-tiba kalap gitu. Saya sih gak kenapa-kenapa kalo si Bapak ngebut, walaupundalam ati udah takut tapi *teuteup* PENASARAN abis. 

Ini kenapa sih Paaaaaak.. *masih teriak dalam ati*

Ditengah-tengah aksi sok heroik si Bapak. Anaknya yang masih kecil itu ngomong yang kira-kira begini, "Pak kita kan masih ada penumpang lain, nanti mereka takut kalo Bapak bawa kencang", trus si Bapak gak menggubris. Katanya orang yang dikejar itu emang harus dikasih pelajaran. Trus si Bapak nyuruh anaknya buat ngambil besi yang disimpan dilaci dashboard. Etdah. Bakalan ada aksi bacok-bacokan nih kayanya. Sumpah, dalam ati makin penasaran apa jadinya yah kalo beneran ketemu. 

Tapi siapa sihhhh yang dikejar? Kayanya yang didalem mobil cuma saya dan Icut yang gak tau menau inti permasalahan. Didorong rasa penasaran yang makin gede, saya nanya lah ke kakak sebelah yang pas saya liat mukanya udah tegang (kayak semp*k baru). 

Rupanya si Bapak kesel karna satu-satunya sewa (penumpang, red) yang nunggu beliau di halte tadi diambil sama sopir lain yang menurut beliau udah keseringan begitu. Kaya ngambil rejeki orang lain gitu lah ceritanya. Padahal kalo dipikir-pikir, udahlah ikhlasin aja, berarti itu namanya bukan rezeki kita. Tapihh, si Bapak pasti sedih dan marah karna penumpang yang jalannya jauh cuma saya, Icut, dan nenek itu.(btw, penumpang yang jadi rebutan itu nenek-nenek bawa burung #infopenting). Mungkin bagi sebagian kita uang Rp.60.000 gampang dicari dan gampang ngabisinnya juga :( 
Tapi bagi beliau kan itu pasti berharga banget :( 

Back to cerita balap-balapan si Bapak (mungkin si Bapak udah merasa jadi anggota barunya Dominic Toretto kali ya). Baru kali ini saya dibawa balap-balap pake mobil L300 tetanus. Maapkeun. Tapi mobil rute nanggung kaya gini (ex: Subulussalam-Tapaktuan) emang gak ada bagus-bagusnya. Bau karat dan biasanya jalannya pelaaaan banget. Entah kerasukan setan apa mobilnya sampe bisa ngebut gitu, nyalip sana sini. Entahlah.

Di gunung si Bapaknya di klakson sama Mail.
"Kenapa?" teriak si Bapak.
"Udah lah pak, untuk apa lagi dikejar", Mail coba nenangin si Bapak.
Dari Spion saya liat sibapak memandang jauh ke depan. Mungkin lagi merenung perkataan anaknya. Kebetulan mobilnya berenti pas diatas bukit yang dari situ bisa keliatan jalanan yang ada di bukit didepannya lagi, kira-kira berjarak 1km. Ehh,, Tiba-tiba si Bapak nyeletuk, "tuh dia mobilnya!"
Busetttttt!!

Saya kira beliau lagi liatin apalah didepan sana. Rupanya lagi liatin mobilnya pas kebeneran lagi jalan pelan di tanjakan. Jadi nih kayanya nonton aksi bacok-bacokan yang seumur idup saya ga pernah liat, amit amit *ketok meja*. Saya sempet tuh mikir nanti kalo emang beneran kejadian mau tutup mata aja deh. Takut kalo liat kejadiannya trus jadi kebawa mimpi, ihh.

Dan adegan selanjutnya bikin pengen bunuh diri. Harusnya si Mail dan adeknya kan bilang tuh, "yaudahlah pak gausah dikejar lagi". Ehhhhhh,, gataunya mereka kompakan ngomong, "iya, iya, itu orangnya" *YASSALAAAAM* Antara pengen ngejitak mereka berdua sama ketawa liat ketidak-konsistenan abang-adek ini.

Kejadian lagi lah tu. Balapan diatas gunung. 

Akhirnya Icut ngambil inisiatif buat ngomong ke si Bapak.
"Pak, udahlah pak. Gausah dikejar lagi. Bapak masih punya kami disini"
(((PUNYA KAMI)))
"Yang ada nanti kita kecelakaan karena bapak ngebut. Ikhalsin aja. Nanti biar saya bayar uangnya. Lagian saya sama temen saya juga banyak barang. Jadi gak masalah kalo kita bayar lebih".

Kirain si Bapak gak mau denger. Gak taunya beliau berhentiin mobilnya looohhhh. Malah ujung-ujungnya si Bapak ngomong, "iya. Saya kebawa emosi. Naik darah saya karna dia itu emang sering nyuri penumpang dari saya", secepat itu si Bapak sadar. Emang lah skill merayu ala-ala CS Icut bisa diandelin banget. Jadi terselamatkan 6 nyawa yang gak berdosa kan. *peyuk Bundacut* 

Udah gitu aja tuh,*geleng-geleng* ga nyangka si Bapak segampang itu dirayu. Hahaha. *dikeplak*

Akhirnya si Bapak tukeran sama Mail. Beliau balik lagi ke kota. Di dalam mobil Mail nanya siapa yang bikin sadar bapaknya. Mungkin dia gak nyangka ada yang bisa nenangin secepat itu. Dengan sok keabang-abangannya, dia ngomong ke Adeknya, "kita ga boleh biarin bapak gitu, sayang nanti beliau kambuh sakitnya. Kan bisa lebih repot".
Lah tadi yang sempet nge-iyain mobilnya ada didepan siapeeeeee? Tapi gak pa pa lah dek, kakak maafkan kelabilan kalian. Mungkin dalam ati kalian juga penasaran sama aksi bacok-bacokan ya?? Hahaha..

No comments: